Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Rakerda KONI NTT Tahun 2023: Mengevaluasi dan Merencanakan Prestasi Olahraga

Reporter : Ollchan

Kupang, Mensanews.com– Hari ini, dalam Rapat Kerja (Rakerda) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun 2023, para pemangku kepentingan olahraga berkumpul untuk menjabarkan keputusan-keputusan Rakornas, Jumad 24 November 2023.

Ketua KONI NTT, Josef Nae Soi (JNS) kepada media ini mengatakan salah satu fokus utama Rakerda adalah evaluasi dan penetapan rencana kerja KONI dan Induk Cabang Olahraga.

JNS menyebutkan ada beberapa poin penting yang akan dibahas dalam Rakerda ini. Poin penting pertama adalah perubahan prinsip Undang-Undang Keolahragaan dari UU Nomor 3 Tahun 2005 menjadi UU Nomor 11 Tahun 2022, yang mengakui olahraga sebagai industri.

Baca Juga :  Pantau Pembuangan Air Limbah dan Persawahan, Bupati Simon: Kita Harus Mencari Solusi

“Ini menandai langkah maju dalam memandang kegiatan olahraga sebagai industri yang dapat mendukung dirinya sendiri”, ujarnya.

Bersamaan dengan itu, JNS memberikan apresiasi kepada Cabang Olahraga (Cabor) yang, meskipun terbatas dana, memiliki inisiatif untuk membiayai diri sendiri.

Pada poin kedua, lanjut JNS, Rakerda kali ini untuk menegaskan kedudukan KONI dan Induk Cabang Olahraga, menguraikan tanggung jawab masing-masing dalam kegiatan olahraga prestasi, seperti PON, Pra PON, Kejuaraan Regional, dan lainnya.Terdapat dorongan untuk merumuskan kebijakan yang menghindari penafsiran salah di antara mereka.