Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Gubernur NTT: Miliki Keahlian Khusus dan Berkarakter Kebangsaan Wajib Bagi SMK

gubernur baru6666

Kupang, Mensanews.com- Gubernur NTT,  Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) menekankan desain pendidikan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di NTT harus berkarakter serta memiliki keahlian khusus yang kualitasnya dapat bersaing di tingkat nasional.

Hal ini dikatakan Gubernur Viktor saat mengunjungi SMK Negeri 1 Soe, Selasa (23/03/).

“Untuk desain Pendidikan Menengah Kejuruan di NTT agar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT menyiapkan Desain Roadmapnya, dimana pendidikan dilaksanakan selama 4 tahun dengan mempertimbangkan Kualitas SDM tenaga pendidik sebagai aset terbesar yang memiliki kualitas intelektual yang bagus. Setiap sekolah menengah kejuruan juga harus miliki jurusan khusus yang menjadi kebanggaan daerah dan nasional, output lulusanya berkarakter kebangsaan, memiliki daya tahan dalam bekerja di bidang keahliannya dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri”, tegas Gubernur Viktor

Baca Juga :  Indahkan Permintaan Pengelolah PAUD, Bupati Simon Tekankan Disiplin dan Melalui Seleksi Yang Ketat

Gubernur VBL Minta agar para pendidik di SMK Negeri 1 Soe harus mengembangkan jurusan yang jadi  jurusan unggulan dan ciri khas pada sekolah tersebut.

“Jangan banyak jurusan tapi tidak ada yang berhasil. Harus berani tampil dengan satu jurusan tetapi jurusan itu mampu menjadikan siswanya menjadi manusia hebat,” kata Gubernur.

“Kalau mau tertarik terhadap bidang pertanian, maka harus sungguh-sungguh belajar tentang pertanian. Datangkan pengajar yang paham betul tentang ilmu pertanian, sehingga siswa mampu memahami secara detail tentang pertanian. Demikian juga misalnya pada sektor peternakan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Yohanes Klau Lakukan Kunjungan ke-6 Sekolah Ditengah Covid-19, Memastikan KBM Sesuai Zonasi

“Jangan kita buat program yang banyak, tapi hasilnya dibawah standar, lebih baik programnya cukup satu tetapi orang langsung melihat hasilnya begitu luar biasa,” jelas Gubernur Viktor.