Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  
Topik : 

RAPAT PENYUSUNAN KLHS RPJMD KABUPATEN KUPANG

Mensanews.com_Oelmasi, “Revolusi 5 P merupakan pacuan pembangunan Kabupaten Kupang 5 tahun kedepan. Revolusi 5 P yakni membangun secara revolusioner dibidang Pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan kelautan dan pariwisata (5P) merupakan model pembangunan yang dilakukan Pemkab Kupang disesuaikan dengan potensi ekonomi Lokal masyarakat”, Hal tersebut disampaikan Bupati Kupang Korinus Masneno saat pelaksanaan Rapat Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kupang, Kamis (23/05-2019) bertempat di Aula Kantor Bupati Kupang di Kota Oelamasi.
Hadir pada kegiatan tersebut Wabup Kupang Jerry Manafe, Tim Akademisi Undana yang diketuai Dr. Herry Kotta, serta sejumlah pejabat di Lingkup Pemkab Kupang diantaranya Asisten 2 Setda Kab. Kupang Jimmy Uly, Kadis LH dan Kebersihan Paternus Vinsi, Kaban Perencanaan, Pembangunan, Penelitian serta Pengembangan Daerah (BP4D) Marthen Rahakbauw.
Lebih lanjut Bupati Kupang Korinus Masneno mengharapkan ada daya dorong pembangunan lewat revolusi 5 P di Kabupaten Kupang dalam mewujudkan Kabupaten Kupang yang maju, mandiri dan sejahtera. Untuk itu jelasnya penyusunan KLHS RPJMD sangat penting dan disesuaikan dengan kondisi nyata masyarakat sehingga perlu didukung dengan data-data yang baik dan valid.
Pembangunan yang baik jelasnya harus didukung dengan pendataan yang benar.
Sebagai contoh dirinya menjelaskan masyarakat di kampung ada yang miliki rumah yang sederhana dan beratap daun padahal mempunyai kebun yang luas dengan hasil alam melimpah dan ternak yang banyak sekali. Jelas ini belum dapat disitilahkan miskin, karena kesejahteraan tidak bisa diukur dari kondisi rumah saja. Jelas Bupati Masneno. Data yang disiapkan dengan baik didalam KLHS maupun RPJMD sangat penting dalam rangka menciptakan model pembangunan yang baik, terarah dan tepat sasaran.
Hakekat pembangunan yang disusun berjenjang lewat KLHS RPJMD tentunya Jelas Masneno bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik namun tetap memperhatikan kelestarian lingkungan. Selain itu kita perlu membangun main set/ pola pikir masyarakat yang mau maju dan berhasil. Untuk itu jelasnya perlu dibangun semangat dan optimisme di masyarakat. Kabupaten Kupang punya banyak potensi yang jika dikembangkan akan memberikan dampak bagi peningkatan Kesejahteraan masyarakat. Kepada praktisi dari Undana yang telah berkerjasama dalam penyusunan KLHS, Bupati Masneno ucapkan terima kasih.
Sementara itu Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe menyatakan penyusunan KLHS sangat penting dan perlu dibuat dengan baik. Hasil kajian ini jelasnya harus tertuju pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan pembangunan di Kab. Kupang. Ditambahkan Wabup Jerry, Kolaborasi data dan penyusunan KLHS harus sejalan dengan Rpjmd dan sesuai dengan Visi dan Misi Bupati-Wabup Kupang periode 2019-2024 sehingga memberikan nafas bagi suksesnya RPJMD di Kabupaten Kupang.
Dr. Herry Kotta dalam paparanya menyatakan lewat KLHS RPJMD menyatakan pembangunan dan lingkungan sejatinya saling berkaitan dalam suatu sistem sebab akibat. Pembangunan ekonomi yang berkelanjutan berkaitan dengan lingkungan dan berkaitan langsung dengan faktor sosial dan politik.(Sumber: Humas Kab. Kupang)
Baca Juga :  Dengan Pengukuhan TPAKD, Gubernur NTT: Agar Inklusi Keuangan Kita Dapat Dilakukan Dengan Baik.