Banjir Benanain Rusak lahan Pertanian, Bupati Turunkan Penyuluh Di Semua Wilayah Di Malaka

  • Bagikan

Malaka, Mensanews.com-Akibat bencana siklon tropis Seroja yang melanda disejumlah kabupaten Di Propinsi NTT, Bupati Malaka Dr. Simon Nahak, S.H., M.H., Menurunkan penyuluh pertanian disetiap kecamatan.

Atas intsruksi Bupati tersebut, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Dinas Pertanian-red) Pertanian Kabupaten Malaka,langsung menerjunkan penyuluh pertanian untuk mendata kerusakan lahan warga dan kerusakan lainnya akibat bencana alam banjir Benenain lalu.

“Setelah mendapat perintah dari Bupati Malaka, staf dan penyuluh pertanian langsung turun ke lapangan untuk mendata kerusakan lahan pertanian berupa lahan yang kekurangan air yang ada di masyarakat terdampak bencana,” demikian kata Nikolas Seran, Plt. Kadis Pertanian Kabupaten Malaka, Selasa (4/5/2021) di aula Kantor Bupati Malaka.

Baca Juga :  100 Hari Kerja, Bupati Simon Nahak: Program Audit Bukan Untuk Balas Dendam
Lahan Yang Kekurangan Air Saat Ini.

Dikatakan Nikolas, bencana banjir merusak banyak lahan dan meluluh lantahkan sawah warga dengan sedimen lumpur, termasuk hasil pertanian lainnya seperti jagung dan tanaman hortikultura.

“Dampaknya sangat terasa oleh masyarakat petani yang desanya terdampak langsung bencana banjir. Ribuan hektare lahan yang rusak dan tidak bisa dimanfaatkan dan mengalami kekurangan air hingga saat ini,” pungkasnya.

Selanjutnya Kabid Tanaman Pangan Fransiskus Nahak menginformasikan bahwa data kerusakan yang berhasil diperoleh berupa lahan sawah yang kekurangan air.

“Kita mendata lahan warga yang saat ini kekurangan air dan butuh intervensi atau penanganan segera sehingga tidak terjadi gagal panen dan merugikan masyarakat,” ujarnya sambil mengatakan kekurangan air itu akibat putusnya saluran induk Bendung Benenain, di Desa Kakaniuk sepanjang 200 meter.

  • Bagikan