“Brand Aplikasi SOLOK LIA” Ini Inovasi Baru Layanan Administrasi Kepegawaian Dikbud Malaka

  • Bagikan

Malaka, Mensanews.com– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Malaka PP mengoptimalkan pelayanan administrasi kepegawaian dengan menciptakan inovasi baru, brand Aplikasi SOLOK LIA. SOLOK LIA, sistem informasi dan pelayanan administrasi kepegawaian yang efisien dan efektif berbasis digital.

Sekretaris Dinas Dikbud Kabupaten Malaka, Marselina Klau, S. Ip kepada wartawan usai
Pelaksanaan on the job training (pelatihan) penerapan aplikasi SOLOK LIA dengan tim kerja sekretariat, Kamis (19/5/22) mengatakan masih ada tantangan dalam pelayanan administrasi kepegawaian lingkup Dinas Dikbud Malaka.

Baca Juga :  Dengan Pengukuhan TPAKD, Gubernur NTT: Agar Inklusi Keuangan Kita Dapat Dilakukan Dengan Baik.

Beberapa tantangan, sebut Marselina di antaranya keterlambatan laporan administrasi kepegawaian karena bersifat manual, disiplin aparat sipil negara (ASN), guru dan tenaga kependidikan (GTK) pada jam sekolah untuk mengurus administrasinya.

“Pengalaman, GTK bolak-balik, pergi dan datang ke Dinas hanya untuk urus administrasi kepegawaian. Ini tidak menutup kemungkinan jam pelajaran di sekolah diabaikan. Sedangkan, ASN lingkup Dinas Dikbud disibukkan hanya untuk urusan ini. Padahal, masih ada urusan pekerjaan lain yang dikerjakan,” jelas Marselina.

Menurutnya, kondisi ini perlu diberi solusi agar tidak menciptakan masalah bagi layanan pendidikan siswa di sekolah dan tidak mengganggu urusan dan kesibukan ASN di Kantor Dinas Dikbud. “Selama ini, kantor dipenuhi GTK. Ini harus diatasi,” ujarnya sambil mengingatkan optimalisasi pelayanan administrasi kepegawaian lingkup Dinas Dikbud Malaka.

  • Bagikan