Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Ditutup Mantan Bupati Malaka Pada Tahun 2017, SDN Oevetnai Justru Diperhatikan Bupati Simon Nahak

Reporter : Oll Editor: Redaksi
FOTO KK WENDI

Malaka, Mensanew,com- Sekolah Dasar Negeri Oevetnai pernah ditutup oleh mantan Bupati Malaka, SBS pada Januari 2017. Namun saat ini justru sebaliknya, Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak S.H., M.H malahan memberikan perhatian penuh.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Pospera Malaka, Paskalis Wandelinus Nahak, S.ip, ketika dikonfirmasi media ini melalui pesan Whatshap, Jumad 30 Juni 2023.

“SDN Oevetnai ditutup dengan alasan sekolah tidak layak karena sekolah tersebut beratap daun, berdinding pelepa dan berlantai tanah”, jelas Paskalis.

Lebih lanjut dijelaskan Paskalis, setahun kemudian (2018)  SDN tersebut dibuka kembali setelah pendiri sekolah ibu Nelcy Bani dan Pospera bersama elemen lain melakukan koordinasi dengan kementrian pendidikan.FOTO sdn 02

Baca Juga :  Gubernur Usulkan Pembentukan Bio Security Dan Bio Industry, Saat Kunjungan Mentan Ke NTT

“Alhasil atas perintah kementrian pendidikan saat itu, maka SDN Oevetnai dibuka kembali”, tegas Paskalis.

Menurutnya, seharusnya pemerintah daerah waktu itu  memberikan  bantuan melalui anggaran pendidikan bukan malahan menutup sekolah tersebut yang jelas-jelas sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat untuk menyekolahkan anak-anak.

Hal ini menjadi catatan buruk tentang pendidikan di Malaka, karena bukan saja SDN Oevetnai yang ditutup, tetapi juga ada tiga sekolah ikut di tutup, yakni; SMA Negeri weliman, SDI Netimataus desa Haitimuk,SDK Makdeanrai desa Raimatus.

Baca Juga :  Sapa Diaspora Malaka, Bupati Simon Ajak Bersinergi Membangun Malaka

“Ini menjadi memori kolektif tentang keburukan dalam pengelolaan pendidikan. Bagi  masyarakat justru peristiwa menyia-nyiakan perjuangan parah tokoh pemerhati pendidikan untuk mencerdaskan anak Rai Malaka”,  ungkap Paskalis penuh penyesalan.