Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

PT.RAI Taken Mou Lanjutkan Proyek Pesawat R80

Mensanews.com, Jakarta, Masa depan Industri dirgantara proyek pesawat R80 sebagai Proyek Strategis Nasional/PSN,pemerintah dalam hal ini Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional/LAPAN telah menandatangani kesepakatan kerjasama dengan PT Regio Aviasi Industri/RAI,  tanggal  7 September 2020.

Rilis yang diterima media ini (21/9) dari Humas PT. RAI menyebutkan Mou diantara keduanya menunjukkan respons positif dan apresiasi serta dukungan pemerintah atas upaya swasta membangun pesawat terbang R80 yang digagas oleh alm. Bapak BJ Habibie.

Penandatanganan tersebut  dilakukan Kepala LAPAN, Bapak Prof. Thomas Djamaluddin dan Direktur Utama PT RAI, Bapak Agung Nugroho yang disaksikan langsung oleh  Bapak Ilham Akbar Habibie sebagai Komisaris Utama PT RAI.

Baca Juga :  Serahkan Bantuan Bagi KTH, Wagub JNS: Jangan Sampai Tidak Bisa Merawat Dan Kemudian Jadi Besi Tua

Kerjasama akan dimulai dengan keterlibatan LAPAN dalam proses pengembangan/rancang bangun pesawat terbang R80, sesuai dengan kemampuan yang ada di LAPAN sebagai pusat riset dirgantara nasional.

Seperti dukungan komputasi dinamika fluida, simulasi stabilitas & pengendalian pesawat  terbang, perhitungan prestasi terbang dan pada saatnya, pengujian pesawat terbang yang terkait dengan sertifikasi pesawat, seperti bird impact test dll.

Setelah keluar dari PSN, PT RAI saat ini sedang berupaya  mendapatkan dukungan dari Pemerintah dalam bentuk dimasukkannya program R80 dalam daftar Prioritas Riset dan Inovasi Nasional.