Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Pantau Pembuangan Air Limbah dan Persawahan, Bupati Simon: Kita Harus Mencari Solusi

Malaka, Mensanews.com– Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H., M.H.,  memantau pembuangan air limbah bekas kotoran ayam potong dan persawahan  di Dusun Aihun, Desa lekekun, kacamatan Kobalima, Senin 27 maret 2023.

“Hari ini saya memantau secara langsung pembuangan air limbah kotoran ayam potong dan mencari solusi agar tidak berdampak pada petani sawah”, jelas SN.

Melihat keadaan seperti ini lanjut SN, mengingat ini merupakan sumber air maka sangat dikhawatirkan adanya pencemaran air, yang menyebabkan tanaman padi menjadi rusak dan juga ketidaknyaman petani ketika berada di sawah karena dampak dari pipa air limbah yang  disalurkan masuk ke penampungan irigasi.

Baca Juga :  Bencana Angin Siklon zeroja : Kota Kupang Seperti Kota Mati

“Kita harus cari solusi. Jangan sampai ada korban, yang kita tidak kehendaki. Karena ada UU pokok pengelolaan lingkungan hidup no. 32 tahun 2009, ada ketentuan pidana. Persoalannya Negara kita Negara Hukum”, ungkap SN.

Terkait persawahan yang kering akibat kurangnya penyaluran air,  SN menegaskan kepada Kepala desa Lakekun untuk segera mengusulkan Tenaga Kontrak Daerah dari desa khusus menjaga saluran air irigasi, dalam hal ini membuka saluran dan menutup saluran tersebut, sehingga aliran air dapat dialirkan secara teratur oleh petugas.

Baca Juga :  Serahkan Benih Kacang Hijau, Bupati Simon: Menanamlah! Agar Cukup Makan

“Segera usulkan TKD dari Desa untuk menjaga dan mengawal pintu kecil saluran karena petani membutuhkan air bukan diskusi”, tegas SN