Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi Kenakan Pakaian Motif Manggarai NTT di Sidang Majelis Umum PBB

Editor: Oll

Kupang, Mensanews.com– Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengenakan pakayan motif Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur saat berpidato di Sidang Majelis Umum ke-78 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat pada Sabtu 23 September 2023.

Masyarakat NTT patut berbangga, sebab berbagai warisan kekayaan intelektual oleh nenek moyang terdahulu, kini dalam beberapa kesempatan dapat tembus hingga ke level Internasional melalui momentum yang bergengsi pula.

Tenun Ikat NTT sebagai salah satu simbol kebudayaan lokal NTT yang merupakan salah satu kekayaan intelektual nenek moyang di bumi Flobamorata terus diperkenalkan di seluruh dunia melalui berbagai ajang, seperti event-event _Fashion Week_ yang mendunia, dipakai pula oleh para pemimpin-pemimpin dunia negara-negara Asean dalam momentum Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo pada bulan Mei 2023 silam, hingga yang terbaru adalah dipakai sendiri oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi sekaligus mempromosikan kain tenun Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Juga :  Profil Egidius Atok, Kader Partai Demokrat Di NTT

“Hari ini, saya mengenakan kain tradisional dari Nusa Tenggara Timur, Indonesia,” kata Retno kala membuka pidato tersebut, yang dikutip dari akun Instagram pribadi miliknya.

Menlu RI Retno tampak mengenakan busana dari kain tradisional Kabupaten Manggarai NTT, yang bernuansa pink cerah. Terdapat corak biru dan kuning pula dalam motif kain tenun yang digunakan oleh Menlu Retno. Selain mempromosikan Tenun Motif NTT yang dikenakannya, Retno juga memamerkan pakaian yang dipakai para delegasi RI dalam pertemuan tersebut. Dia berujar para perwakilan Indonesia yang hadir turut mengenakan kain tradisional namun berbeda-beda guna mewakili keragaman budaya Indonesia.

Baca Juga :  Pj Gubernur Membuka Turnamen Liga Pelajar Soeratin CUP U-17 Tahun 2023

“Delegasi saya mengenakan kain tradisional yang berbeda, mewakili keragaman lebih dari seribu etnis di Indonesia. Kami beragam, tetapi kami adalah satu,” ucap Retno bangga disambut tepuk tangan hangat dari delegasi negara-negara lain yang hadir pada moment tersebut.

Menlu Retno hadir dalam Sidang Majelis Umum ke-78 PBB di New York mewakili Presiden Joko Widodo.