Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Ekonomi Bisnis  
Topik : 

Semen Kupang Berencana Bangun Pabrik Baru

IMG 20190507 WA0173

MENSANEWS.COM, Ditemui usai berjumpa Gubernur NTT di ruang kerjanya, Matla ILajar,SE,MM,PIA selaku Direktru Utama PT. Semen Kupang (Persero) mengaku optimis bisa penuhi kebutuhan pasar NTT. Bersama Esti Wiseto Baroto selaku Komisaris Utamanya, mereka mengaku mendapatkan dukungan Gubernur untuk mengambil langkah-langkah taktis, guna pengembangan produksi semen kedepannya.

“Puji syukur, sampai dengan saat ini kami masih bisa eksis berproduksi dan memasarkan produk Semen Kupang di wilayah Nusa Tenggara Timur. Saat ini, kami sudah berproduksi hingga 80 persen dari kapasitas terpasang. Sebenarnya, itu masih kurang dibanding dengan _demand_ di NTT” sebutnya.

Putra Makassar itu menyebutkan potensi pasar di NTT cukup besar. Disebutnya bahwa permintaan pasar (demand) khusus di NTT sendiri sudah mencapai 1,3 juta ton pertahun. Sementara saat ini, mereka baru mampu melakukan produksi sampai dengan 250 ribu ton pertahun. Biasanya disalurkan di wilayah pasar Kupang dan sekitarnya, sebagian lagi ke pulau-pulau.

Baca Juga :  Gubernur Tinjau Tambak Garam di Desa Nunkurus

“Harapannya, dengan _demand_ yang cukup besar ini, kita bisa menambah kapasitas lagi. Sehingga kita bisa layani semua, memenuhi kebutuhan pasar di Nusa Tenggara Timur. Bahkan, hingga ke Timor Leste dan Australia,” sambungnya seraya menyebutkan kemungkinan membangun pabrik semen baru.

Dalam pertemuan yang sifatnya silahturahmi itu, mereka juga melaporkan perkembangan PT.Semen Kupang sampai dengan kondisi terkini. Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi NTT adalah salah-satu pemegang saham dari Perusahaan semen itu.

“Kita memiliki dukungan sumberdaya alam yang cukup, batu kapur yang melimpah. Sumberdaya listrik kita juga sudah _over supplay_. Semua infrastruktur mendukung. Jadi, harapan membangun pabrik semen baru itu memungkinkan untuk dilakukan,” tambahnya menyebut Gubernur VBL sangat responsif mendukung langkah ini.

Baca Juga :  Gubernur Viktor, Tahun 2020 Pemprov Akan Bangun SMK di Desa Pusu

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Staf Khusus Gubernur NTT, Prof.Daniel Kameo, menyebutkan pentingnya menjaga kesinambungan produksi PT.Semen Kupang. Baginya kehadiran perusahaan tersebut telah menjadi simbol pembangunan industri di NTT. Karenanya, harus diupayakan agar bisa menjadi salah-satu industri yang kuat secara bisnis.