Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Serahkan Benih Kacang Hijau, Bupati Simon: Menanamlah! Agar Cukup Makan

“Saya perintahkan kepada Camat, Kepala Desa, agar sisikan anggaran-anggaran desa untuk siapkan mesin pemipilan jagung sehingga ada masyarakat saat panen jagung tidak susah lagi memakai tangan, begitu ada panen berikan mesin itu kepada masyarakat yang membutuhkan”,pesan SN.

Diakhir sambutanya, SN menginformasikan kepada masyarakat bahwa sudah ada investor kacang tanah, yang akan membeli dengan kulit, 1 kilo Rp11.000.

“Investor akan datang ke Malaka dalam waktu dekat dan meminta kacang tanah sebanyak-banyaknya karena saya akui bahwa selama ini masyarakat mempunyai kesulitan juga soal market dan soal pasar”, tutupnya.

Baca Juga :  Bupati Simon Apresiasi Olahraga Bersama ASN Malaka

Sementara itu, kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, drh. Januaria Maria Seran, mengatakan benih yang dibagikan kepada empat kelompok tani hari ini, adalah benih Kacang Hijau varietas Vima 3, yang tahan hujan.

“Saya memilih varietas Vima 3 karena bisa tahan terhadap hujan dan masa tanamnya lebih pendek. Jadi kurang lebih 56 hari sudah bisa dipanen walaupun ada hujan selama masa tanam nanti, namun kacang hijau ini akan tetap bertumbuh dan terbentuk polong kacang karena Varietas Vima 3 ini tahan terhadap hujan”,jelasnya.

Baca Juga :  Sidak Ke Inspektorat, Bupati Malaka Pastikan Audit 100 Hari Kerja

Lanjutnya, tahun 2023 kita menyiapkan lahan untuk menanam kacang hijau yang dijadikan brand Fore Lakateu dengan produktivitas 1-1,3 ton per hektar, yang artinya 56-58 hari kedepan pada saat panen nanti, di Malaka akan memiliki produksi kurang lebih 250-350 ton yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat Malaka dan dapat dijual oleh petani Malaka dengan kualitas benih harga pasaran jualnya sekitar 23 sampai 24 ribu per kilogram dan ini tentu akan meningkatkan penghasilan petani kita.

Oleh karena itu tahun 2023 ini kita menyiapkan benih kacang hijau varietas Vima 3 untuk 250 Ha yang tersebar di 8 Kecamatan yang meliputi: Kecamatan Kobalima, Kobalima Timur, Malaka Timur, Sesitamean, Malaka Tengah, Malaka Barat, Weliman dan Wewiku.

Baca Juga :  Bupati Dr. Simon: Harus Diakui Media Sebagai Salah Satu Pilar Penegak Demokrasi

“Saya berharap dengan adanya penyerahan secara simbolis pada hari ini, kemudian 56 hari kedepan kita dapat melihat hasil panen dari para petani”,kata kadis mengakhiri.