Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

SEGERA DIPUTUSKAN, PRESIDEN: KAJI LEBIH DETAIL SOAL PEMINDAHAN IBU KOTA

Menurut Jokowi, dirinya nanti akan memutuskan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta bukan sebagai kepala pemerintahan tetapi sebagai kepala negara.

“Kita harus melihat visi besar 10 tahun yang akan datang, 50 tahun yang akan datang, 100 tahun yang akan datang dalam kita berbangsa dan bernegara,” tegasnya.

Untuk itu, Presiden juga meminta agar pengalaman negara lain dalam pemindahan ibu kota dipelajari. Faktor-faktor apa yang menjadi hambatan, sehingga kita lebih bisa mengantisipasi sedini mungkin, dan sebaliknya, faktor-faktor kunci keberhasilan yang bisa kita adaptasi, kita ambil.

Baca Juga :  Usulan Bupati Malaka Terkait Revitalisasi Kawasan Transmigrasi Dua Desa Mendapat Apresiasi  Dari Kementerian Desa

Terakhir, ia pun meminta agar disiapkan mengenai skema pembiayaan, baik yang bersumber dari APBN maupun non APBN. Juga yang berkaitan dengan desain kelembagaan yang diberi otoritas nantinya. Dan juga yang paling penting adalah payung hukum, regulasi mengenai pemindahan ibu kota ini. (Dewa A.)