Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Penjabat Gubernur NTT Menghadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024

Tito juga mengingatkan agar dalam penyusunan Perda mengenai APBD sampai perencanaan pembangunan daerah, para Kepala Daerah harus melibatkan partisipasi masyarakat yang aktif untuk menumbuhkan komitmen publik, *trust* atau kepercayaan , *sense of belonging* serta semangat kegotongroyongan untuk mengembangkan daerah secara harmonis.

Mendagri Tito menjelaskan, tema yang diangkat tahun ini yaitu green ekonomi dan ramah lingkungan tidak lain adalah sebagai konsekuensi yang harus kita lakukan untuk mengantisipasi bahaya yang tidak ringan di masa depan terkait perubahan lingkungan.

“Perubahan cuaca karena emisi karbon berlebihan akan dapat menimbulkan efek rumah kaca yang akan menaikkan temperatur suhu bumi. Kenaikan temperatur ini akan memicu bencana banjir sebagai dampak dari bencana La Nina dan kemarau panjang sebagai dampak dari El Nino,” tambah Mendagri

Baca Juga :  GEMMA Gelar Ceremonial Kegiatan GMB guna Meningkatkan kreatifitas 

Tito mengungkapkan Pemerintah terus berupaya mengambil langkah langkah untuk mengurangi pemanfaatan energi fosil untuk beralih kepada energi baru terbaru. Namun hal ini harus dilakukan secara cermat agar tidak terjadi inflasi hijau

“Kalau kita terlalu cepat untuk merubah atau mereduksi secara drastis energi berbasis fosil seperti minyak sementara infrastruktur kendaraan belum beradaptasi sepenuhnya pada energi yang baru akan tentunya juga berakibat negatif. Suplai energi fosil yang berkurang menyebabkan kelangkaan di beberapa negara yang dapat mendorong terjadinya inflasi yang cukup tinggi. Karena itu, perubahan energi, perubahan menuju _green_ energi harus dilakukan dengan cara yang hati-hati dan bertahap,” urai Tito.

Baca Juga :  Bupati Malaka Pantau Persiapan Acara Pelantikan Sekda Malaka

“Dalam konteks ini maka pemerintah daerah dapat memberikan kontribusi dengan mulai berorientasi menuju pembangunan yang ramah lingkungan, pembangunan hijau, ekonomi hijau dan perlahan kita menuju pada perubahan-perubahan energi yang tidak mengeluarkan gas emisi karbon berbasis fosil. Upaya ini membutuhkan terobosan- terobosan kreatif dari seluruh Kepala Daerah,” tambah Mendagri Tito.

Selanjutnya, Tito Karnavian juga menyampaikan selamat kepada Kepala Daerah yang menerima penghargaan pada Peringatan Hari Otonomi Daerah 2024 kali ini. Tito mengajak semua pemerintah daerah se-Indonesia untuk bekerja lebih baik lagi untuk Indonesia yang lebih baik ke depannya.

Baca Juga :  Pj. Gubernur Hadiri Peluncuran Program dan Dialog Interaktif Penguatan Ekosistem Kemitraan untuk Pengembangan Inovasi Berbasis Potensi Daerah

“Selamat melaksanakan dan memperingati Hari Otonomi Daerah. Mari kita bekerja lebih baik, melangkah lebih baik untuk Indonesia yang lebih baik,” tutupnya.

Demikian siaran pers ini dibuat untuk dipublikasikan.

Penulis dan Fotografer : Librik Abineno
Editor : Aventus Reme