Valentine Day, Momentum Dimulainya Pembangunan Puspem Malaka

  • Bagikan

Malaka, Mensanews.com-Sebagaimana disampaikan sebelumnya, pembangunan Pusat Pemerintahan Kabupaten Malaka akan didahului dengan ritual Halirin Rai Katak Ray, maka Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H., M.H., sudah menetapkan pelaksanan ritual itu bertepatan dengan momentum Valentine Day, 14 Pebruari 2022.

Demikian disampaikan Bupati Simon Nahak melalui telepon selulernya kepada Mensanews pada Sabtu (12/2/2022), dipertegas juga oleh Rilis yg disampaikan oleh Diskominfo Malaka Sabtu (12/02/2022).

Menurut Bupati Simon, pemilihan waktu digelarnya ritual Halirin Rai Katak Rai sebagai tanda dimulainya pembangunan Puspem Kabupaten Malaka, selain disesuaikan dengan waktu persiapan dan pembersihan lahan, juga memiliki makna filosofis dan sosio-kulturalnya.

Baca Juga :  Bupati Simon Terima Kunjungan Petinju Asal Malaka

Dijelaskannya, sesuai adat budaya Malaka, Ritual tersebut dimaksudkan sebagai pendinginan serta pemberitahuan dan minta ijin kepada alam dan Leluhur. Karena itu, momentumnya pun harus sesuai.

Valentine Day sebagai hari kasih sayang mesti diberi pemaknaan mendalam yang berdampak pada kehidupan, sehingga dipadukan dengan ritual Halirin Rai Katak Rai bermakna pada cinta pada alam, Leluhur dan budaya setempat.

“Dengan ritual yang dilaksanakan pada momentum valentine day, tentu juga mengajarkan kita untuk bersikap rendah hati, tidak egois, tidak sombong, dan rela melayani dengan tulus untuk membangun daerah ini,” tegasnya.

  • Bagikan