Antisipasi Bencana, PLN NTT Rutin Lakukan Pemeliharaan Jaringan Transmisi

  • Bagikan
Pemeliharaan Jaringan PLN

Kupang, Mensanews.com – Tim Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk) Kupang (ULTG) Kupang, Nusa Tenggara Timur rutin malakukan Pemeliharaan pergeseran damper pada Line #1 Tower 27 Section I Bolok-Maulafa 70 kV beberapa hari terakhir.

Kegiatan itu bertujuan menjaga kontinuitas penyaluran tenaga listrik di Pulau Timor.

Sistem transmisi tenaga listrik merupakan penyaluran tenaga listrik yang menghubungkan pusat pembangkit listrik ke Gardu Induk melalui Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dan Damper merupakan salah satu aksesoris tower SUTT yang berfungsi meredam getaran pada penghantar transmisi.

Baca Juga :  Putra Lamalera Raih Gelar Doktor Dengan Predikat Sangat Memuaskan

“Pemeliharaan damper merupakan tindak lanjut dari temuan inspeksi rutin transmisi yang dilakukan oleh Tim Ground Patrol. Jadi, kegiatan pemeliharaan korektif ini ditujukan untuk menjaga keandalan dan kontinuitas penyaluran sistem tenaga listrik di Pulau Timor. Jika peralatan utama di Tower Transmisi section 1 ini mengalami kerusakan, maka dapat mengakibatkan terjadinya padam pada daratan Timor dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, semua tower transmisi harus selalu dilakukan pemantauan dan pemeliharaan ketika ditemukan adanya suatu anomali, agar kelistrikan sistem timor selalu dalam keadaan baik dan sistem tetap handal,” kata Manager ULTG Kupang jelas Jeffry.

  • Bagikan