Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Malaka Segera Miliki Rumah Sakit Pratama Batas Tiga Kabupaten

Dikatakan, RS Pratama Wewiku, strategis karena bukan batas kecamatan. Akan tetapi, batas kabupaten yang mencakup Kabupaten Malaka, TTU dan TTS. “Masa kita persoalkan tiga wilayah kecamatan dengan jarak RSUPP Betun. Jangan lihat itu, tapi lihat batas kabupatennya,” tandas Lambertus.

Lambertus mengemukakan batas kabupaten karena jarak dan alasan ketika terjadi banjir. Jika terjadi banjir yang mengakibatkan ambruknya Jembatan Benenai seperti banjir bandang pada tahun 2000 dan bencana Seroja pada 2021, warga tiga kecamatan sulit mendapat akses pelayanan kesehatan setingkat pelayanan rumah sakit. “Jadi, benar, pemerintah sudah berpikir untuk waktu yang panjang dengan segala kondisinya,” Lambertus mengingatkan.

Dijelaskan, RS Pratama Wewiku dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada warga Malaka, TTS dan TTU. Warga TTS di beberapa kecamatan seperti Boking dan Amanatun Selatan jauh dari RSUD Soe. Sementara warga Miamafo yang berada di wilayah segitiga emas bisa menempuh jalur Tafuli, Biudukfoho dan Wewiku untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. (*)

Baca Juga :  Tinjau Pembangunan RS Pratama Wewiku, Bupati Simon Berharap Memudahkan Masyarakat Menikmati Pelayanan Kesehatan Terdekat