Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Panen Hortikultura Poktan Melenial Garden Lorontolus, Bupati Simon: Terimakasih dan Bangga Kepada Petani Milenial Malaka

Editor: Oll

Malaka, Mensanews.com– Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H., M.H., melaksanakan panen raya Holtikultura Poktan Melenial Garden Lorontolus, di Desa Lorontolus, Kecamatan Wewiku, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT Senin 30 Oktober 2023.

Dalam sambutannya, sekaligus membuka dengan resmi kegiatan tersebut Bupati Simon mengucapkan rasa syukur, terimakasih dan bangga kepada petani milenial Malaka, yang telah mendukung program pemerintah dan mengimplementasikan.

“Kabupaten Malaka memiliki potensi lahan yang andal, untuk mengembangkan berbagai komoditi, mulai dari pertanian, perkebunan perikanan dan lainnya. Dan dapat meningkatkan pendapatan petani apabila petani tersebut tidak hanya berusaha pada satu komoditi saja, tetapi melalui usaha ekonomi berlapis. Seperti halnya dengan usaha bertani berbagai komoditi serta memanfaatkan setiap jengkal tanah yang ada, baik lahan sawah maupun lahan kering”, ujar Bupati Simon.

Baca Juga :  Hadirkan Media, Biro PAP Setda Provinsi NTT Jelaskan Semua Kegiatan Pengendalian Inflasi Yang Telah Dilakukan Tahun 2022

Semua lahan di Malaka, jelas Bupati Simon, sangat cocok untuk berbagai jenis pertanian, mulai dari holtikultura, tanaman pangan dan sayuran semua bisa dikembangkan di daerah ini.

Kelompok tanipun dapat mengelolah lahan kering dengan tanaman hortikultura seperti sayur-sayuran dan buah-buahan sesuai dengan ilmu yang mempelajari tentang iklim yang berhubungan langsung dengan pertanian setempat yang akan memperpanjang waktu produktif, sehingga semakin lama waktu produktif maka semakin tinggi pendapatan petani.

Hal ini akan mendorong masyarakat Malaka yang hampir sebagian besar adalah petani, untuk terlepas dari masalah kemiskinan dan berharap kebun Petani Melenial Garden Lorontolus ini bisa meningkatkan motivasi dan semangat warga masyarakat untuk bercocok tanam serta meningkatkan hasil produksi pertaniannya.

Baca Juga :  Gubernur VBL Tinjau Penyelesaian Ruas Jalan Provinsi Balauring - Wairiang

“Dengan adanya kebun percontohan diharapkan dapat memberikan motivasi bagi masyarakat setempat untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari serta meningkatkan pendapatan masyarakat dan apabila penghasilan petani melimpah anak – anak kita tidak ada lagi yang mau bekerja diluar negeri karena untuk apa bekerja diluar negeri yang penghasilannya belum pasti apalagi berangkat secara ilegal jauh dari sanak famili Lebih baik kita garap tanah pertanian kita sendiri, kalau dikelola secara baik penghasilan sudah pasti”, kata Bupati Simon sembari memotivasi anak muda agar lebih baik memilih bekerja dilahan sendiri dari pada merantau.