Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Panen Hortikultura Poktan Melenial Garden Lorontolus, Bupati Simon: Terimakasih dan Bangga Kepada Petani Milenial Malaka

Editor: Oll

Bupati Simon berpesan kepada Petani Melenial Garden Lorontolus untuk menggunakan konsep 3-K ( Kebun, Kandang dan Kolam)

“Punya kebun dan kandang yang dapat digunakan untuk memelihara hewan, seperti ayam dan ternak lainya, selain hasilnya bisa dijual juga bisa dinikmati untuk menambah gizi keluarga, kolam untuk memelihara  ikan juga demikian. Semua itu demi kesejahteraan keluarga”, Jelas Bupati Simon terkait konsep 3 K.

Ia menyarankan Kepala Desa (Kades) agar tidak takut menggunakan Dana Desa (DD) untuk pengembangan potensi desa melalui berbagai macam komoditas pangan dengan memanfaatkan lahan tidur yang dimiliki oleh lahan masyarakat.

Baca Juga :  Bupati Simon Ingatkan Warga Yang Diserang Anjing, Segera Laporkan Kepada Petugas Kesehatan Terdekat

Dana Desa digunakan untuk ketahanan pangan perlu dilakukan melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat agar masyarakat desa memiliki kemampuan yang cukup dalam memenuhi kebutuhan pangan di desa secara mandiri. Dana Desa diharapkan mampu mendukung kegiatan dari mulai produksi, penyediaan lahan dan infrastruktur penunjang, pengolahan dan pemasaran Silahkan diajukan anggarannya dan pemerintah akan mengkaji.

Bupati Simon menegaskan, bagi para Kepala Desa, selaku pemegang kuasa pengeloalan dana transfer desa untuk taat aturan, sehingga dana yang diterima dapat dimanfaatkan untuk kepentingan warga dan tidak melanggar hukum. “Jangan sampai ada  kepala desa yang tersangkut kasus hukum penyelewengan dana desa. Gunakan sesuai aturan yang berlaku.

Baca Juga :  Bupati Simon: Materi Menteri Keuangan RI Dijadikan Pedoman Bangun BRIDA Malaka

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Melenial Garden Lorontolus, Adrianus Nahak, bahwa kegiatan Panen tanaman Holtikultura sebanyak 1000 tanaman Pare, 500 pohon Mentimun, 500 pohon  terong ,100 Cabai 500 pohon pepaya kalifornia, 500 semangka  dan 2500 jagung manis, seluas kurang lebih 1setengah hectare.