Tingkatkan kualitas SDM, TP PKK Malaka Gelar Pelatihan Pembuatan Abon dan Aneka Kerajian Tangan

  • Bagikan
Ketua TP PKK Kabupaten Malaka, drg.Maria Martina Nahak

Malaka, Mensanews.com – “Kegiatan pelatihan pembuatan abon ikan dan pelatihan aneka kerajinan tangan tersebut digelar dengan tujuan membangkitkan kesadaran masyarakat Malaka serta SDM para kader TP PKK dalam mengelola hasil pangan lokal”, Jelas Ketua TP PKK, drg.Maria Martina Nahak saat membuka kegiatan pelatihan pembuatan abon ikan tuna, di Halaman Rumah jabatan Bupati Malaka Senin (2/8/2021).

Sebelum memastikan jenis ikan yang digunakan untuk pembuatan abon ikan, terlebih dahulu dilakukan demo teknik pembuatan abon ikan dari ikan pari dan ikan tuna. Dan hasil dari demo teknik menentukan Ikan tuna sebagai bahan dasar pembuatan abon ikan.

Baca Juga :  Gandeng Kapolres Malaka, Bupati Simon Tinjau Vaksinasi Massal

“Ikan tuna diketahui kaya akan asam lemak omega-3. Nutrisi ini memiliki peran besar dalam mendukung perkembangan saraf otak bayi. Dengan mencukupi asupan ini, Si Kecil akan tumbuh menjadi anak cerdas yang memiliki tingkat konsentrasi dan daya ingat tinggi,” jelas Ketua TP-PKK kepada awak media.

drg. Maria mengatakan Abon ikan juga cukup bermanfaat untuk anak-anak dan bayi, bisa dicampur bubur atau digunakan sebagai daging untuk telur dadar. hal ini merupakan cara untuk melakukan pencegahan angka stunting dan pencegahan gizi buruk untuk, anak-anak Malaka.

Baca Juga :  Terkait Hasil Audit Kerugian Negara 16 Miliar Rupiah, Kepala BKD NTT Mengakui Kinerja SN-KT

“Pengolahan ikan tuna menjadi abon ikan tersebut, merupakan salah satu upaya pemerintah melalui ketua TP PKK, untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan akan nilai perikanan serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam masyarakat pesisir sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Malaka terutama yang berada dipesisir”, ujar drg Maria.

  • Bagikan