Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Kabupaten di Papua yang Tak Tersentuh Covid-19, Ada Tuju Kabupaten

Ilustrasi

“Mungkin saja mereka menjalankan protokol kesehatan dengan baik, kemudian mereka berhasil menekan aktivitas masyarakat. Lalu, pemerintah daerah berhasil melakukan screening dengan baik. Tiga hal itu mereka jalankan,” ujar Silwanus, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (2/3/2021). Hanya saja, Silwanus tidak menyebut daerah-daerah tersebut betul-betul belum tersentuh Covid-19. Seperti kasus yang pernah dialami Bupati Yahukimo Abock Busup pada 14 September 2021. Saat itu, ia dinyatakan positif, namun Abock tercatat sebagai pasien di Kota Jayapura, bukan Yahukimo.

Baca Juga :  Imanuel Ully, SH, Program KB Mampu Menjawab Kompleksitas Masalah Penduduk

“Ada beberapa kasus yang sudah terjadi tapi dilaporkan di kabupaten lain. Yang belum kita dapat data bahwa mereka terbatas pada pemeriksaan sehingga pemeriksaan mereka dilakukan di kabupaten yang lain dan tercatatlah di kabupaten tersebut,” kata dia.

Akses transportasi sulit Hal lain yang menyebabkan tujuh kabupaten di Papua belum terpapar Covid-19 adalah sulitnya akses transportasi. Setidaknya untuk Intan Jaya, Puncak dan Nduga, ketiga kabupaten tersebut hanya bisa dijangkau dengan pesawat berbadan kecil. (kompas)