Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

PJ.Wali Kota Serahkan Bantuan 18 Rumah Layak Huni Dari PT SMF Bagi Warga Oesapa

“Rumah adalah sumber utama kesejahteraan sebuah keluarga, oleh karena itu harapannya ketika sebuah rumah menjadi layak huni, maka keluarga yang tinggal di dalamnya bisa lebih sejahtera serta meningkatkan produktivitas dari masyarakat serta mendukung program pemerintah dalam menekan kemiskinan ekstrim,” ujar Bonai.

Penyerahan kemudian ditandai dengan penyerahan kunci secara simbolis yang diterima oleh salah satu warga RT 27 RW 10 Kelurahan Oesapa penerima bantuan rumah atas nama Chamelia Bate. Acara dilanjutkan dengan pengguntingan pita, pemasangan plakat pada salah satu rumah oleh Penjabat Wali Kota dan peninjauan ke 18 rumah layak huni bantuan PT SMF.

Dalam kesempatan sebelumnya, Kabid Kawasan Permukiman dan Pertanahan Dinas PRKP, Daud N. Nafi, S.STP., M.M menjelaskan bahwa metodologi dalam tahapan seleksi penerima bantuan meliputi seleksi penerima manfaat dimana Dinas PRKP Kota Kupang dibantu tim KOTAKU yang masa kerjanya baru berakhir pada 1 Juli 2023 yang lalu untuk mengidentifikasi, memilih, dan menyeleksi calon penerima manfaat yang memenuhi kriteria sebagaimana yang telah ditetapkan oleh PT. SMF. Selanjutnya verifikasi data dimana petugas dari PT. SMF turun ke lapangan secara langsung untuk melakukan verifikasi data dan kesesuaian faktual. Kemudian dilakukan perencanaan dan pelaksanaan mencakup pengawasan pembangunan dilaksanakan oleh konsultan-konsultan teknik yang sudah terpercaya, dan tahapan Pengelolaan keuangan proyek, dimana Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Pelangi Kasih Kelurahan Oesapa akan mengawasi dan mengelola keuangan pembangunan secara transparan, akuntabel, dan pada akhirnya akan diaudit.

Baca Juga :  Penyerahan DIPA dan TKD disertai Dengan Pemberian Penghargaan Apresiasi Atas Pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Pemda NTT

Menurut Daud sebanyak 18 rumah layak huni yang dibangun sesuai dengan standar teknis yang ditetapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat penerima manfaat yang signifikan setelah memiliki tempat tinggal yang aman, nyaman dan layak. Selanjutnya, melalui keterlibatan BKM dalam pengelolaan dana dan pelaksanaan pembangunan, diharapkan masyarakat setempat akan semakin terlibat dalam proses pembangunan dan perawatan rumah.

Turut hadir Penjabat Sekda Kota Kupang, Abraham D. E. Manafe, S.IP., M.Si., Direktur Keuangan dan Operasional PT. SMF (Persero), Bonai Subiakto, Para Asisten Sekda, Pimpinan Perangkat Daerah, Pimpinan Bank NTT Kantor Cabang Utama Kupang dan Pimpinan Cabang Pembantu Kantor Wali Kota, Camat Kelapa Lima, Lurah Oesapa, Lurah Oesapa Barat, Koordinator BKM Pelangi Kasih serta warga penerima bantuan.

Baca Juga :  Wabup Flotim: Almarhum Yance Sunur Adalah Tokoh Politik Yang Karirnya Patut Diteladani