Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Alex Ofong: Kesuksesan Pemilu 2024 Ditentukan oleh Keterlibatan Kaum Muda

Dijelaskan Alex, perubahan terjadi dalam tiga aras, yaitu aras kepemimpinan, aras kebijakan, dan aras akar rumput. Ketiga aras ini ditentukan oleh aras pertama, kepemimpinan politik, yang dihasilkan melalui kontestasi Pemilu.

“Karena itu, betapa pentingnya Pemilu, termasuk Pemilu 2024 ini. Sebagai kaum muda, marilah teribat, ikut serta menyukseskan Pemilu 2024,” tegas Anggota DPRD NTT 2 Periode ini.

Kendati demikian, kata Alex, kaum muda memiliki tantangan utama, yaitu tingkat literasi politik yang masih rendah, yang diakibatkan oleh sikap tidak mau tahu dengan urusan politik. Karena, sibuk dengan kerja, sibuk mencari kerja, atau sibuk kuliah dan sekolah.

Baca Juga :  Pacu Target Vaksinasi, Bupati Malaka Tekankan Disiplin Jalankan Tupoksi

Dengan tingkat literasi politik yang demikian, maka kaum muda gampang terjebak dalam sikap apatis terhadap dunia politik, atau salah dalam menilai dan menentukan pilihan politik, karena informasi yang diterima tidak difilter dengan baik.

“Karena itu, saya bersyukur atas terselenggaranya seminar ini, karena merupakan kegiatan kreatif untuk meningkatkan literasi politik kaum muda, khususnya ikatan mahasiswa Muhammadiyah Kupang,” tandas Alex.

Apa yang dijelaskan oleh Alex Ofong, kemudian diperkaya dan diperdalam oleh Dr. Ahmad Atang dengan menunjukkan potret demokrasi Indonesia, dan menjelaskan makna substansial tentang demokrasi, serta memetakan tipe pemilih, dengan tujuan mengajak kaum muda menjadi pemilih rasional, sambil meniggalkan pilihan tradisional dan transaksional.”*