Bupati Simon: Jadikan Pancasila Sebagai Mata Pelajaran Dasar

  • Bagikan

Ende, Mensanews.com– Bupati Malaka Dr.Simon Nahak, S.H., M.H., mengatakan Pancasila adalah Dasar Negara yang harus dipertahankan, terus diedukasikan, disosialisasikan. untuk itu pancasila harus dijadikan salah satu mata pelajaran dasar bagi siswa SD, SMP, maupun SMA, bahkan sampai dengan perguruan tinggi.

Hal ini disampaikan Bupati Simon, usai mengikuti Apel Hari Lahir Pancasila, di Loby Hotel Flores Merdeka, Rabu 1 Juni 2022.

Menurutnya, diera sekarang ini Pancasila harus terus disosialisasikan kepada generasi-generasi muda, penerus bangsa agar tumbuh menjadi anak Indonesia, tumbuh menjadi generasi yang tetap mempertahankan keutuhan Negara, lewat butir-butir Pancasila.

Baca Juga :  Gandeng Himbara, PLN Permudah Masyarakat Miliki Kendaraan Listrik

“Pancasila harus terus menerus disosialisasikan, kepada generasi muda kita, dan terus menerus jadi materi edukasi. Jika tidak terus menerus di sosialisasikan, tidak terus menerus jadi materi edukasi,lama kelamaan orang tidak mengenal Pancasila itu apa. Apalagi anak muda jaman sekarang, dan saya sangat sependapat kalau Pancasila itu dijadikan mata pelajaran wajib mulai dari tingkat SD ,TK dan bilan perluh untuk anak paud juga bisa diperkenalkan”, ujar Bupati Simon.

Ia menjelaskan jika Pancasila dijadikan salah satu pelajaran dasar, sebagaimana kita tahu bahwa ini suatu hal yang tidak mudah tetapi Bung Karno bisa mempunyai inspirasi yang luar biasa, dan diakui dunia. maka materi Pancasila harus dipisahkan dari kewarganegaraan. Karena Kewarganegaraan ada UU tersendiri dan itu harusnya materi pelajaran tersendiri, dipisahkan dari pelajaran Pancasila.

  • Bagikan