Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Momentum Ultah DOB, Bupati Simon Respon Inisiasi Pemekaran Kecamatan

Malaka, Mensanews.com- Momentum peringatan hari otonomi daerah setiap tahunnya yang jatuh pada tanggal 25 April menjadi menarik dan perlu diisi dengan mengupayakan pemekaran Kecamatan dan pergeseran Kecamatan demi terwujudnya optimalisasi pelaksanaan pemerintah, pelayanan, pemberdayaan dan pembinaan masyarakat.

Hal ini disampaikan Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H., M.H., Saat tatap muka bersama 3 Camat, 10 Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat di Desa Wederok, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka Sabtu, 29 April 2023.

“Optimalisasi pelaksanaan, pelayanan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat agar dapat terwujudnya kesejahteraan masyarakat maka, perlu adanya pemekaran dan pergeseran kecamatan karena sudah ada inisiatif dan aspirasi dari masyarakat itu sendiri”, ungkap Bupati SN.

Baca Juga :  Bupati Malaka hadiri Pengresmian Rumah Adat Uma Lo,o Oan Weulun

Disela – sela kesibukan dan hari liburnya, Bupati SN tidak menyurut niat, semangat dan perhatiannya untuk tetap beraktivitas sebagaimana mesti untuk turun ke lapangan bertemu, menyapa, dan menyaring aspirasi Masyarakat, Desa dan camat yang menginginkan pemekaran kecamatan demi kepentingan masyarakat di daerah DAS Benenai ini.

“Syukur dan terima kasih hari ini saya bisa bertemu dengan masyarakat, tokoh masyarakat, 10 desa di tiga kecamatan berbeda dan 3 camat untuk berdiskusi dan menindaklanjuti pemekaran dan pergeseran kecamatan ini”, ujar SN anak Petani tembakau ini.

Baca Juga :  Bupati Simon Nahak Apresiasi Kecerdasan Generasi Milenial Malaka

Lanjut SN yang juga menjadi salah satu Ahli Politik Perpajakan di Indonesia ini, rencananya, peningkatan status kecamatan Malaka Tengah menjadi Kecamatan Kota dan Kecamatan Malaka Tengah tetap menjadi Kecamatan Malaka Tengah, hanya bergeser ibu Kota ke Wederok untuk mengakomodir desa – desa yang berada di wilayah Timur Daerah Aliran Sungai (DAS) Benenai.

“Pergeseran kecamatan Malaka Tengah ke Wederok, maka desa – desa di DAS Benenai seperti Desa Motaain di Kecamatan Malaka Barat, Desa Forekmodok, Lamudur, Wederok, Angkaes di Kecamatan Weliman bergabung ke kecamatan Malaka Tengah dan Desa Bereliku, Naimana, Fahiluka, Railor Tahak, Lawalu tetap berada di kecamatan Malaka Tengah ini”. Urainya.