Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual, VBL: Pancasila Harus Selalu Hidup Dan Terus Dijadikan Ideologi Bagi Kaum Millenial

Kupang, Mensanews.com– Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 secara virtual di Ruang Rapat Assisten, Kantor Gubernur NTT, pada Jumat (1/10/2021) pagi.

Upacara yang berlangsung khidmat tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) di Monumen Pancasila Sakti, Kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur dan turut dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin serta diikuti secara virtual melalui aplikasi Zoom oleh seluruh Kepala Daerah se-Indonesia.

Pada rangkaian upacara, Teks Pancasila dibacakan oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, dan dilanjutkan pembacaan teks pembukaan UUD 1945 oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo,. Adapun Ketua DPR RI Puan Maharani membaca ikrar, teks kenegaraan yang hanya dibacakan pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Baca Juga :  Kapolri : NTT Sebagai Contoh Toleransi Umat Beragama

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini, sama seperti tahun lalu, yakni dilaksanakan secara terbatas akibat pandemi Covid-19. Tampak seluruh pejabat yang hadir dan para petugas upacara di Monumen Pancasila Sakti menerapkan protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker dan menjaga jarak.

Sesaat setelah memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin memanjatkan doa di depan sumur di Lubang Buaya. Kemudian setelah itu, Jokowi dan Ma’ruf meninggalkan Lubang Buaya diiringi lagu Gugur Bunga dan Garuda Pancasila.

Baca Juga :  Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin Dilantik di MPR

Jadikan Pancasila sebagai semangat pembangunan kaum millenial

Sementara itu Gubernur Laiskodat yang ditemui setelah mengikuti upacara
secara virtual mengatakan bahwa semangat Pancasila mempunyai dampak yang sangat penting bagi kaum millenial dalam berinovasi dan berkreasi sehingga diharapkan bisa memajukan dan memotivasi para generasi millenial untuk melakukan kegiatan yang positif pula.

“Pancasila harus selalu hidup dan terus dijadikan Ideologi dalam semangat perubahan terutama bagi kaum millenial. Oleh karena itu kepada generasi muda, mari kita sama-sama membangun daerah dengan semangat Pancasila. Tanamkan Pancasila sebagai kekuatan pemersatu bangsa kita,” pungkas Gubernur Laiskodat.