Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Ketua DPD RI Optimis UMKM NTT Ikut Terangkat di Exotic Tenun Fest 2021

Ketua DPD RI melihat secara langsung penenun ikat kain khas NTT di Kabupaten Sumba Barat Daya yang merupakan binaan yayasan Kalakioma Senin (22/3/2021).

Kupang,Mensanews.com- Untuk pertama kalinya, event Exotic Tenun Fest 2021 meluncur di Nusa Tenggara Timur. Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, memberikan dukungan untuk event yang berlangsung Senin (22/3) hingga Rabu (24/3) kemarin. Ia optimis Exotic Tenun Fest 2021 bisa mengangkat UMKM NTT.

Exotic Tenun Fest 2021 adalah preliminary event untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Labuan Bajo, Juni 2021.

Event ini akan melibatkan sekitar 960 produk tenun ikat, bersama produk turunannya, karya penenun dari UMKM di NTT. Pada saat penutupan, tercatat total nilai transaksi sebesar Rp. 1,3 milyar.

Baca Juga :  Johanis Ottemoesoe : Untuk Penuhi Kebutuhan Air Bersih, Kita Harus Menambah Sumber Air

Tenun-tenun tersebut dipajang secara virtual melalui e-catalog selama kegiatan dan dapat diakses melalui situs  www.exotictenunfest.com. Bank Indonesia (BI) perwakilan NTT menargetkan Rp 1 miliar sampai Rp 1,5 miliar dari kegiatan ini.

“Kita sangat mendukung Exotic Tenun Fest 2021 di NTT. Apalagi tujuannya untuk mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam pemulihan ekonomi, serta mendukung pengembangan tenun ikat melalui digitalisasi promosi dan sistem pembayaran,” tutur LaNyalla, Kamis (25/3/2021).