Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Frans Kaona: Prioritas Kami, Semua Sekolah Jenjang SMP Sekecamatan Lebatukan Terapkan Kurikulum Merdeka

Sekolah-sekolah  jenjang SMP di Kecamatan Lebatukan yang ikut ambil bagian dalam kegiatan musyawarah ini antara lain: SMP Negeri 1 Lebatukan (SMPN 7 Maret Hadakewa), SMP Negeri 2 Lebatukan, SMP Negeri 3 Lebatukan, SMP Negeri 4 Lebatukan, SMP Negeri 5 Lebatukan, dan satu SMP swasta yakni SMPS Sinar Swasembada Hadakewa. Sementara total para guru yang hadir berjumlah 73 orang.

Terkait tantangan MKKS Lebatukan, Frans menjelaskan, tantangan yang dialami selama ini hanya berkaitan dengan keterbatasan anggaran atau pembiayaan.

“Selama ini, anggaran kami sangat terbatas. Kami selalu mengandalkan swadaya murni dari setiap satuan pendidikan jenjang SMP dalam wilayah kecamatan Lebatukan. Kami punya banyak sekali program produktif untuk menolong guru-guru kami. Apalagi, kalau kita bicara tentang Kurikulum Merdeka, tentu kita sangat butuhkan perhatian serius sebab ini hal yang sangat baru bagi seluruh guru kami di sini”, tuturnya.

Baca Juga :  Korem 161/WS Gelar Upacara HUT Infanteri Ke-73 Di Lapangan Kompi Senapan B Yonif 743/PSY

Lanjutnya, Sebagai MKKS, tugas kami tentu berat. Kami mesti memastikan semua guru dalam satuan kami harus benar-benar paham dan mampu mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara baik dan benar pada tahun pelajaran sekarang. Kami bertekad, kami akan kreatif mencari sokongan anggaran dari berbagai pihak, agar tidak hanya satu kali ini saja kami melakukan kegiatan musywarah untuk penguatan guru-guru kami. Harus ada lagi dan lagi aneka kegiatan penguatan lainnya di waktu-waktu mendatang.

Sejak dikukuhkan melalui SK Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lembata Nomor: 24 tahun 2022, Frans dan jajarannya bertekad membantu guru-guru jenjang SMP di wilayah kecamatan Lebatukan secara total. Tekad ini pun berbuah manis, dimana seluruh sekolah jenjang SMP di Kecamatan Lebatukan akhirnya menggunakan Kurkulum Merdeka pada tahun pelajaran ini (Tapel 2022/2023 red). Sebuah komitmen kerja yang patut diberikan apresiasi tinggi.

Baca Juga :  Wagub NTT: Kami Semua Bertekad Menuju Zero Stunting

Harapan MKKS Kecamatan Lebatukan ke depan ialah supaya para guru mata pelajaran yang mengabdi di ke-enam sekolah SMP di kecamatan Lebatukan bisa mengembangkan diri dengan memanfaatkan wadah MGMP yang ada dengan dukungan penuh dari MKKS SMP Kecamatan Lebatukan.