Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Kapospol Lebatukan Viktor D Lay: Menjadi Pelajar Pancasila, Siswa Perlu Dibekali Disiplin Sejak Dini

Lembata, Mensanews.com– Pernyataan ini disampaikan langsung Kapospol Lebatukan, Aipda.Viktor D.Lay,S.I.Kom ketika memenuhi undangan Kepala SMPN 7 Maret Hadakewa guna memberikan pembelajaran disiplin bagi siswa-siswanya sebelum pembelajaran tatap muka normal dimulai, Kamis 14 Juli 2022.

Menurutnya, pelajaran dasar dan utama bagi anak, harus pembelajaran disiplin. Kalau anak sudah berdisiplin, maka segala ilmu pengetahuan yang akan diterima di sekolah dari bapak dan ibu guru, akan lebih mudah diserap dan diimplementasikan dalam kehidupan mereka di lingkungan masyarakat.

“ Disiplin itu dipelajari. Anak mesti mendapatkan pelajaran disiplin sejak dini. Akan terlihat jelas nanti dalam praktek hidupnya. Anak yang punya kedisiplinan tinggi akan jadi contoh baik bagi orang lain. Dia akan datang dan pulang sekolah tepat waktu, berseragam rapih, berbahasa yang santun, beretika dan berbudaya luhur, hormat dan adab terhadap orang tua dan guru, di masyarakat selalu memberikan contoh baik bagi orang lain, dan masih banyak lagi yang lainnya,” ujar Viktor.

Baca Juga :  Gubernur NTT: Kita Harus Fokus Pada Program Utama

Baginya, kehadiran pihak kepolisian di sekolah, khususnya pada lembaga-lembaga pendidikan dasar, sebenarnya punya tujuan baik. Kepolisian punya kontribusi pada lembaga pendidikan, khususnya pada penanaman nilai-nilai kehidupan yang baik, agar ke depan, anak akan bertumbuh menjadi pelajar-pelajar Pancasila.

“ Saya kira, saat ini salah satu tugas berat institusi pendidikan adalah mendidik dan membina anak menjadi Pelajar Pancasila. Disiplin merupakan salah satu tujuan akhir yang diharapkan, ketika anak telah menjadi seorang Pelajar Pancasila. Dan tugas ini mesti dikolaborasikan. Maka tidak heran, ada gerakan TNI masuk sekolah, gerakan POLRI masuk sekolah, dan juga yang lainnya. Tujuan kita cuma satu, agar anak bisa belajar disiplin secara baik, mulai dari disiplin dirinya di sekolah dan di rumah,” tandasnya.

Baca Juga :  Sekda Donatus Rincikan Secara Detail Dana BTT Kabupaten Malaka Tahun Anggaran 2021

Kehadiran Kapospol Hadakewa, Aipda.Viktor D.Lay,S.I.Kom yang didampingi Bripka Merdison Paut (Babinkamtibmas Desa Atakowa), Bripda Eka A. Aditia (BA.Pospol Lebatukan), dan Bripka Ferdinandus Seran Brya (Babinkamtimas Desa Banitobo) di sekolah sangat diapresiasi oleh Kepala SMP 7 Maret Hadakewa, Fransiskus B.K.Kaona, S.Fil.

Pihaknya sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi atas keterlibatan POLRI dalam membina kedisiplinan serta mentalitas  seluruh siswa SMPN 7 Maret Hadakewa.

“Atas nama segenap keluarga besar SMPNN 7 Maret, saya menyampaikan limpah terima kasih kepada institusi POLRI, khususnya melalui Kapospol Hadakewa, Aipda.Viktor D.Lay,S.I.Kom bersama Tim, yang berkenan hadir dan sangat membantu kami di sini, secara khusus terkait pembinaan mentalitas dan kedisiplinan siswa.

Baca Juga :  Dampingi Pengurus Perindo Bagikan Sembako, Dr. Simon Nahak: Ini Bentuk Kepedulian Kemanusiaan Menembus Perbedaan

Lanjutnya, saat ini, sekolah kami sudah menerapkan kurikulum yang baru, yakni Kurikulum Merdeka. Di mana, salah satu tuntutannya adalah, seluruh siswa kami harus siap menjadi Pelajar Pancasila. Maksudnya apa? Yah, salah satu indikatornya adalah, seluruh siswa kami harus punya disiplin tinggi. Dan untuk sampai pada tingkat ini, hari ini, bapak Kapospol Hadakewa dan Tim telah melakukannya.

Oleh karena itu, sekali lagi, kami sangat memberi apresiasi tinggi dan terima kasih untuk kerja sama yang baik menciptakan generasi Pelajar Pancasila I wilayah Kecamatan Lebatukan, khususnya pada SMPN 7 Maret Hadakewa,” tegas Frans.

Giat Tim Pospol Hadakewa hari ini, adalah melatih PBB dan pembinaan mentalitas peserta didik untuk siap menjadi Pelajar Pancasila.