KOMODITI HASIL LAUT INDONESIA DOMINASI PASAR DUNIA

  • Bagikan

MENSANEWS.COM Jakarta – Duta Besar Indonesia untuk Norwegia, Todung Mulya Lubis saat berkujung ke perusahaan Importir Norwegia Sletten Norge AS (sektor seafood) dan Scanesia AS (produk makanan/minuman kemasan), mengatakan bahwa Indonesia telah menjadi eksportir terbesar tuna di dunia.

Indonesia adalah produsen ikan tuna terbesar di dunia, dengan hasil tangkapan bernilai hingga 5 miliar dollar AS atau hampir Rp 71 triliun setahun. Jika dirata-rata, satu dari enam ekor tuna di dunia selama tiga tahun terakhir ini berasal dari Indonesia.

Baca Juga :  Peneliti Australia Gali Peran 'Gender' Dan 'Generasi' Dalam Produksi Pengetahuan Lokal NTT

“Dengan semakin gencarnya upaya pemberantasan IUU Fishing serta penangkapan ikan yang berkelanjutan, menjadikan komoditi hasil laut Indonesia semakin mendominasi pasar dunia,” menurut Todung, sebagaimana dikutip dari Antara.

Indonesia dan negara-negara EFTA, termasuk Norwegia, lanjut Todung, sedang dalam proses ratifikasi perjanjian IE-CEPA. “Diharapkan dapat mengurangi hambatan tarif dan memperlancar arus barang, sehingga dapat meningkatkan ekspor Indonesia ke Norwegia,” jelasnya.

Untuk itu Todung mendukung perlunya promosi produk secara berkelanjutan di Norwegia, yang pada akhirnya mengukuhkan eksistensi branding produk dalam market-share di Norwegia.

  • Bagikan