Sidak VS Joki Ala Kabupaten Kupang

  • Bagikan

By : Jermi Mone

MENSANEWS.COM-OELMASI (NTT), Masyarakat Kabupaten Kupang seketika di buat terkejut oleh berita tentang Inspeksi Mendadak (Sidak) yang di lakukan Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe.

Sehari pasca di lantik oleh Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat tanggal 07 April 2019, duet pemimpin baru Kabupaten Kupang, Korinus Masneno – Jerry Manafe (Komitmen) periode 2019 – 2024 langsung membuat gebrakan dengan melakukan sidak.

Sesuai tagline Komitmen, pasangan pemimpin baru Kabupaten Kupang itu, ternyata tidak ingin berlama – lama menikmati eforia. Wakil Bupati Jerry Manafe yang mendampingi Korinus Masneno sebagai Bupati kemudian langsung bergerak melakukan sidak.

Beberapa bagian di Kantor Bupati Kupang menjadi sasaran Sidak sang Wakil Bupati. Setiap sisi ruangan di beberapa bagian di lihatnya satu per satu, bahkan sampai memeriksa kamar mandi/WC.

Pimpinan dan staf pada bagian sasaran sidak menampakan raut wajah tegang bercampur ‘takut’. Beberapa ruangan termasuk ruang kerja terlihat kotor, penuh debu, penuh sarang laba – laba, berkas berserakan dan lainya. Apalagi saat masuk kamar mandi/WC, Wabup Kupang pun tidak segan – segan mengkritisi dan bahkan tegas memberi peringatan agar segera mungkin di tata.

Baca Juga :  Jaga Keutuhan Bangsa, Praktisi Pers: Jangan Sebar Kebencian!

Setelah puas mengelilingi setiap ruangan kantor bupati, Wabup Kupang pun mengalihkan perhatian ke beberapa OPD yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan sipil serta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Naibonat.

Praktis, sidak Wakilnya Bupati Korinus Masneno ini kemudian menjadi viral oleh tangan – tangan wartawan yang menulis berita dari berbagai sudut pandang masing – masing media. Tidak jarang pula, ada yang mengabadikan sidak itu dengan rekaman video. Berita dan video sidak Wabup Kupang pun menjadi konsumsi masyarakat luas termasuk masyarakat Kabupaten Kupang.

Hasil Sidak Wabup Kupang

Sampai hari ini, terutama masyarakat di Kabupaten Kupang memberi apresiasi dan menilai bahwa apa yang di lakukan duet pemimpin baru sangat baik untuk tujuan melakukan pembenahan.

Baca Juga :  Kado Terindah dalam HUT Partai NasDem ke-8

Jika masyarakat memasuki kantor bupati kupang hari ini, terlihat jelas mulai ada perubahan dari sebelumnya. Perbedaan paling mencolok adalah soal kebersihan kantor dan memang tidak dapat di sangkali bahwa perbedaan itu karena sidak.

Pemberitaan media dan mungkin pula kesaksian sesama ASN, sidak Wabup Kupang kemudian membawa virus positif bagi semua OPD. Masing – masing OPD secara mandiri dan sadar mulai menata lingkungan kantor, membersihkan kantor. Artinya, semua OPD mulai menyiapkan diri bila satu ketika Wabup Kupang melakukan sidak juga di OPD masing – masing.

Harus di akui bahwa hasil sidak paling menonjol terutama soal pembangunan pasar Lili di Kelurahan Camplong I. Pasca melakukan sidak bersama Forkopimda di Pasar Lili, polemik pembangunan pasar yang menelan dana lima miliard lebih itu telah masuk ke ranah hukum. Bahkan, penyidik Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang pun telah menaikan status dari penyelidikan ke penyidikan.

Baca Juga :  Zet Sonny Libing: Jabatan Diberikan Bukan Sekedar Kepercayaan Tetapi Penugasan

Konon katanya, dalam waktu dekat jaksa penyidik Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang akan segera menetapkan tersangka pembangunan pasar lili. Penetapan tersangka pun tinggal menunggu hasil perhitungan kerugian negara.

Selain itu, sepertinya target utama duet pemimpin baru Kabupaten Kupang juga mengarah pada upaya meningkatan disiplin seluruh ASN lingkup Pemkab Kupang. Bukti terbaru adalah presentase kehadiran ASN hari pertama masuk kerja pasca libur panjang idul fitri mencapai 92 persen. Presentase kehadiran ASN 92 persen itu adalah paling tinggi selama kurun waktu 10 tahun terakhir.

Joki Perjalanan Dinas DPRD Kabupaten Kupang

Soal Joki Perjalanan Dinas Anggota DPRD Kabupaten Kupang yang menjadi trending topik di media maupun obrolan di masyarakat serta merta mulai menghapus obrolan tentang sidak Wabup Kupang.

  • Bagikan