Wagub NTT: Kualitas Sumberdaya Manusia Tergantung pada Guru dan Dosen Bukan Gedung

  • Bagikan

MENSANEWS.COM. NTT, Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi (JNS) mengungkapkan fasilitas gedung tidak lagi jadi unsur utama dan terpenting dalam menentukan keberhasilan dalam proses pendidikan. Hal utama yang mesti diperhatikan adalah peningkatan kualitas Sumberdaya manusia dari para pengajar dan pendidik.

“Kita lihat situasi saat pandemi covid -19 ini, memberikan banyak pelajaran. Di mana semua dilakukan secara online termasuk proses belajar mengajar. Gedung tidak lagi menjadi unsur yang utama dalam proses pendidikan. Yang perlu jaringan internet, signal, handphone android. Dulu iya, gedung menjadi faktor penting, tapi sekarang yang perlu dapatkan perhatian adalah sumberdaya manusia pendidik dan pengajar,” jelas Wagub Nae Soi saat menerima audiensi dari Ketua Yayasan Aloysius dan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Oemathonis Kupang bersama rombongan di ruang kerja Wagub, Rabu (16/9).

Baca Juga :  Plt Kadis Dikbud Malaka Cepat Tangani Polemik Honor Guru SDK Kamanasa

Menurut Wagub, lembaga pendidikan khususnya pendidikan tinggi harus bisa wujudkan prinsip Non Scholae sed Vitae Discimus atau kita belajar bukan untuk sekolah tapi untuk hidup. Proses bimbingan, pengajaran dan latihan selama masa pendidikan harus bisa menghantar peserta didik untuk miliki kompetensi dan kehidupan yang lebih baik.

“Sebagai pengajar dan pendidik, ktia harus memotivasi para mahasiswa sehingga bisa terjemahkan dan sesuaikan apa yang mereka dapatkan selama masa pendidikan dengan situasi masyarakat yang terus berubah. Mereka harus bisa punya growth mindset (pola pikir bertumbuh), bukan lagi fixed mindset (pola pikir tetap). Dalam dunia sekarang, apa yang tidak mungkin bisa jadi mungkin,” jelas Wagub.

Baca Juga :  Pelatihan Berbasis Kompetensi 2021, Dibuka Oleh Kadis Kopnakertrans NTT

Lebih lanjut, Wagub JNS meminta pihak Yayasan untuk dapat meningkatkan kualifikasi pendidikan tenaga pengajar. Tawaran beasiswa dari pemerintah, kementerian ataupun lembaga non pemerintah dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas sumberdaya daya manusia para dosen.

“Gedung kita bisa cari. Begitupun dengan fasilitas lainnya seperti komputer dan sarana pendidikan lainnya dapat kita upayakan, namun kualitas pengajar sangatlah penting. Agar mereka dapat terapkan proses didaktis metodik yang sesuai perkembangan zaman serta dapat mendampingi dan melakukan transfer pengetahuan, kemampuan dan prilaku kepada para mahasiswa secara lebih baik,” jelas Wagub.

  • Bagikan