Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Perbatasan NKRI-Timor Leste :  Pendekatan Kesejahteraan Jadi Prioritas.

Kepala Badan Pengelolah Perbatasan Daerah NTT,Drs.Petrus Seran Tahuk,M.Si

“Selama ini orang bicara soal perbatasan tentunya hanya melihat sisi geografis, budaya dan politik namun ada hal yang sangat penting yang harus diperhatikan adalah soal kesejahteraan rakyat”. Tandas Piet Seran. Lebih lanjut Piet Seran juga menambahkan bahwa ada satu kehebatan dan keistimewaan yang dimiliki khusus oleh pulau Timor yakni satu pulau yang memiliki dua Negara, dan ini menurut Piet Seran adalah satu potensi yang bila dikembangkan secara maksimal akan mendatangkan kesejahteraan secara total bagi rakyat Indonesia khususnya rakyat NTT yang ada di Pulau Timor. “Pulau Timor punya keunikan yakni satu pulau kecil dengan memiliki dua Negara. Timor bagian timur negara yang  dikenal Timor Leste dan Timor Barat yang kita kenal bagian dari NKRI” tutur Piet Seran.

Baca Juga :  KOMODITI HASIL LAUT INDONESIA DOMINASI PASAR DUNIA

Menjawab media ini terkait strategi membangun komunikasi, sinkronisasi dan integrasi dari program pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/ kota tidak lain Piet Seran mengatakan tentunya untuk menyatukan program kerja baik itu secara vertical dari pemerintah pusat dan secara Horizon yakni program pembangunan dari pemerintah provinsi, kabupaten/kota adalah bagian terpenting yang terus menerus dibangun dari waktu ke waktu kapan dan dimana saja.

“Yang namanya komunikasi, Sinkronisasi untuk menggapai titik penyatuan atau integrasi tentunya akan terus-menerus dilakukan”. Tegas Piet Seran. Selanjutnya terkait Pembangunan Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, Motamasin, dan Napan merupakan upaya pendekatan pemerintah pusat di daerah khusus daerah perbatasan NKRI dan negara-negara tetangga terdekat dalam hal ini Timor Leste. (Frondes Team).