Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Kapus Camplong Pastikan Operasional Kader Posyandu Direalisasikan 27 Januari 2021

MENSANEWS.COM, KUPANG, Biaya operasional (transport¸ red) 366 (tiga ratus enam puluh enam) kader posyandu di wilayah kerja Puskesmas Camplong, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang akan direalisasikan (dibayarkan, red) dalam waktu dekat yakni tanggal 27 hingga 29 Januari 2021.

Demikian penyampaian Kepala Puskemas Camplong, Hermenegildo Soares, S.Sos kepada Tim Media ini melalui siaran persnya di Kupang pada Senin (10/01/2021).

“Saya klarifikasi bahwa transport kader (biaya operasional, red) untuk Kecamatan Fatuleu akan saya bayarkan pada tanggal 27 Januari 2021 sesuai jadwal tercantum yaitu; tanggal 27 Januari di desa Kiuoni, Oebola, Ekateta,Silu, tanggal 28 Januari di Desa Camplong, desa Oebola II, desa Naunu, dan desa Tolnaku. Lalu tanggal 29 Januari di desa Kiumasi, dan kelurahan Camplong I,” jelasnya.

Menurut Kapus Camplong, dirinya pasti memperhatikan semua kader posyandu, sebab dirinya lebih memihak (memperhatikan, red) masyarakat (kader, red) daripada stafnya di Puskesmas. “Saya pasti perhatikan semua kader, saya lebih memihak pada masyarakat daripada staf saya,” ujarnya.

Baca Juga :  Menepis Isu Pasien Non Covid di-Covidkan

Keterlambatan dirinya membayar biaya transport kader posyandu menurut Hermenegildo, diketahui pimpinannya yakni Kepala Dina (Kadis) Kesehatan Kabupaten Kupang, dr. Robert A. J. Amaheka.

“Pak Kadis juga tahu soal keterlambatan ini. Namun ini sudah selesai dan akan dilakukan pembayaran tanggal 27 ini. Tanggal 26 kami Rapat Bulanan, kami siap untuk tanggal 27, 28, 29 turun ke desa untuk selesaikan (bayar transport kader, red). Jadi pikiran kami adalah kerja, kerja dan kerja. Pemerintah memberikan kepercayaan pada kami untuk melakukan pekerjaan sesuai tupoksi kami,” jelasnya.

Ditanyai apa sebab dari lambatnya pembayaran transport ke para kader posyandu, Hermenegildo malah mengakui bahwa sebenarnya pencaiaran uang transport para kader sudah dilakukan pada Desember 2020. Hanya saja pihaknya masih mengatur pentahapannya sehingga yang tersisa tinggal para kader posyandu.

Baca Juga :  Menyambut sidang Commision on the Status of Women atau CSW ke-63 yang akan digelar pada 11-22 Maret 2019 di New York, sejumlah perwakilan negara di kawasan Asia-Pasifik menggelar rapat persiapan di Bangkok, Thailand

“Semua sudah lengkap, hanya keterlambatan pencairan saja.Pencairan sudah selesai di Desember (Desember 2020, red) ya, kita harus pak- pak dulu dan terakhirnya akan berakhir di kader itu (kader posyandu, red),“ tandasnya.

Kapus Camplong mengungkapkan, “jumlah kader banyak; ada 366 di 9 desa, satu kelurahan dengan jumlah 67 Posyandu. Saya berpihak pada kader- kader saya. Mereka sudah tahu saya. Saya tidak pernah merugikan mereka,” imbuhnya.

Kapus Camplong mengajak semua pihak yang merasa tidak senang dengan dirinya untuk datang menemuinya secara jentel dan dirinya akan menjelaskan secara lengkap.

“Pimpinan saya, Bapak Kadis (Kadis Kesehatan,red) pasti membina saya kalau saya salah, kalau bapak Kadis tidak bisa, pasti bapak Sekda dan bapak Bupati. Tapi saya yakin, saya tidak salah, karena tanggal 27 (27 Januari 2021, red) ini, kami akan turun ke desa untuk selesaikan. Untuk pembayaran, sudah siap untuk bayar. Kendalanya adalah kita harus hitung dengan benar supaya kita terakhir jangan salah,” jelasnya.

Baca Juga :  Gandeng Kapolres Malaka, Bupati Simon Tinjau Vaksinasi Massal

Terkait termin pembayaran, Hermenegildo beberkan bahwa realisasi pembayaran per 3 bulan. Tetapi dirinya mengakui kali ini pihaknya terlambat membayar transport para kader. Keterlambatan itu menurutnya bukan karena apa-apa, tetapi karena di wilayahnya ada 26 (dua puluh enam) puskesmas dan terpusat pada KPA masing- masing sehingga agak telat. “Tapi saya bangga dengan pimpinan saya (Kadis Kesehatan, red) dimana untuk di camplong semua terealisasi dengan baik,” katanya dalam nada memuji Kadis Kesehatan Kabupaten Kupang.

Menurutnya, keterlambatan membayar transport kader posyandu hanya masalah teknis internal Puskesmas Camplong saja.