Kepsek Ungkap Hasil Kelulusan SMKN 1 Kupang Di Era Pandemi

  • Bagikan
Plt. Kasek SMKN 1 Kupang, I Nengah Aditanaya, S.Pd.,M.M.

Kupang,Mensanews.com-  Plt. Kepsek SMKN 1 Kota Kupang, I.Nengah Aditanaya,S.Pd.,M.M mengatakan terkait kelulusan  angkatan 2020/2021, pada tanggal 2 Juni 2021 telah diadakan rapat dewan guru untuk menyampaikan kriteria berkenaan dengan kelulusan anak-anak tahun ini.

Untuk kelulusan, kata plt. Kepsek ada beberapa kriteria yang kita tetapkan antara lain: seluruh siswa kelas 12 memiliki nilai, dibuktikan  mengikuti ujian akhir semester genap, mengikuti ujian sekolah agar nilainya menjadi lengkap, dan untuk nilai raport itu semester 1- 6 mereka miliki semua

“Jadi kriteria itu sudah dipenuhi dan raport juga sudah dicetak untuk semester 6 saya sudah tandatangani”, ujar plt. Kepsek Aditanaya kepada Media ini, Rabu (3/6/2021)

Baca Juga :  BPSDMD NTT : Ujung Tombak dan Pencerdas Aparatur Sipil Negara NTT

Aditanaya juga mengatakan  seluruh siswa yang sudah mengikuti ujian sekolah, kemudian kita juga melaksanakan ujian LSP P1  (sertifikasi kompotensi provesi) dan hal ini kita memiliki LSP P1 untuk seluruh kompetensi keahlian.

“Untuk menjaga kualitas pelaksanaan ujian, pada saat persiapan ujian sebelum dilaksanakan ujian akhir semester maupun ujian akhir sekolah kita membentuk tim. Ada tim penyusun soal, tim korektor, sehingga nantinya diharapkan soal yang dihasilkan oleh penyusun itu soalnya berkualitas”, sebut plt. Kepsek.

Sedangkan untuk mengukur kelulusan dilakukan beberapa tahapan yakni setelah soal dikumpulkan kemudian dianalisis, dikoreksi oleh tim korektor baru diserahkan ke panitia untuk diinput di computer. Jadi itu merupakan alat ukur yang kita gunakan.

Baca Juga :  Ancaman Nyata Pornografi Bagi Anak, Desa Perlu Beri Perlindungan

Plt. Kepsek Adi  juga menjelaskan bahwa karena adanya pandemi maka pengujiannya tidak dilakukan secara offline. Kita lakukan secara daring. Mengunakan CBT NTT. Jadi CBT kita tahun kemarin mengikuti inovasi gover manual.

Aplikasi itu, menurut  Aditanaya, secara nasional sudah diakui kemarin lumayan pointnya. Dapat point secara nasional itu 193 untuk aplikasi.  Itu juga sangat menunjang kemarin dinas pendidikan kontribusi dari kita, untuk nilai inovasi governya.

“Secara kualitas CBT kita sudah sangat bagus dalam mengukur anak-anak waktu ujian, karena keunggulannya adalah soalnya bisa diacak, kemudian kuncinya juga bisa diacak, kemudian hasilnya juga bisa langsung diketahui oleh anak. Nah itu keunggulan CBT NTT”, ucap plt. Kepsek SMKN 1 Kupang

Baca Juga :  Kampus IAKN Kupang, Sukses Gelar Kegiatan Seminar Teologis-Antropologis

Walaupun di tengah pandemi, Tidak ada kendala ketika kami melaksanakan  ujian. Dan bersyukur kepada seluruh Bapak – ibu wali kelas, dan sekretaris yang bekerja keras untuk bagaimana mengingatkan kepada seluruh peserta ujian dengan jumlah 786 mereka mengikuti ujian semua.

  • Bagikan